Popular Post

Popular Posts

Posted by : Machsada Monday, December 21, 2015

Ketombe merupakan salah satu masalah kepala yang sangat menganggu. Ketombe merupakan kulit mati di kepala yang mengelupas. Pengelupasan kulit dikepala ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya adalah masalah kebersihan dan juga jamur di kepala.
Pengelupasan kulit di kepala sebenarnya wajar dialami oleh siapa saja namun pada kasus ketombe ini pengelupasannya sangat berlebihan. Sehingga butuh penanganan khusus agar dapat menghentikan pengelupasan kulit kepala yang berlebihan tersebut.
Mungkin mereka yang dilanda ketombe sudah melakukan banyak cara dalam menghilangkan ketombe. Namun kemungkinan usaha tersebut belum menuai hasil maksimal bahkan bisa dikatakan gagal. Jika sudah demikian mungkin saatnya anda melakukan cara-cara alami berikut dan mencobanya di rumah. Bisa saja cara dibawah ini akan bisa mengatasi ketombe di rambut kepala anda.

Daun Pandan
kandungan daun pandan sangat mujarap dalam membasmi ketombe membandel di kulit kepala. Caranya tidaklah sulit, anda hanya pelu menyiapkan 5 hingga 8 lembar daun pandan lalu cuci bersih dengan air. Tumbuk daun pandan sampai halus kemudian peras airnya.
Gunakan air perasan daun pandan untuk membalur seluruh kulit rambut kepala sampai merata. Pada saat membalurnya, lakukan pemijatan sedikit demi sedikit. Diamkan beberapa menit, kemudian bilas menggunakan air sampai bersih. Jika ketombe anda parah, anda bisa melakukannya setiap hari.

Lidah Buaya
Lidah buaya memang sudah sejak lama dikenal mempunyai banyak sekali manfaat. Salah satunya yaitu lidah buaya dapat membuat rambut subur serta mampu menghilangkan ketombe membandel.
Cara pengolahanya cuga sangat simple yaitu dengan mengambil satu buah batang lidah buaya dan dibelah menjadi dua bagian. Ambil gel daging yang terdapat bagian tengah lidah buaya. Gunakan gel tersebut untuk di oleskan ke seluruh bagian kepala sampai merata. Untuk hasil yang lebih baik dan maksimal bisa menggunakan penutup kepala dengan handuk agar terserap sempurna. Sesudah itu bilas dengan menggunakan air sampai gel hilang.

Jeruk Nipis
Vitamin C yang terdapat pada jeruk nipis ternyata sangat nujarap membasmi ketombe di kulit kepala. Cara alami menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis ini bukanlah hal yang baru lagi karena sudah sejak lama dikenal khasiatnya.
Pengolahnya hanya perlu mengambil satu sampai dua buah jeruk nipis. Selanjutnya diperas dan ambil air sari jeruk nipisnya. Hasil perasan itu di oleskan keseluruh bagian kulit kepala sampai rata. Lakukan cara ini secara teratur bila perlu sebanyak 3 kali dalam seminggu. Sesudahnya kita harus membersihkan rambut yang sudah dibaluri dengan jeruk nipis sampai bersih.

Kangkung
Kangkung selain enak untuk dimasak dengan rasanya yang khas ternyata juga dapat digunakan menghilangkan ketombe membandel di kulit kepala. Cara membuatnya pun tidak terlalu sulit anda hanya perlu menyiapkan satu ikat kangkung lalu rebus dengan menggunakan dua gelas air hingga tersisah satu gelas saja. Sesudahnya ambil kangkung yang direbus tadi dan peras sampai keluar sari airnya.
Gunakan air sari kangkung untuk membalurkan ke seluruh bagian kepala sampai merata. Diamkan 20 sampai 30 menit. Selanjutnya bersihkan dengan air sampai bersih. Jika anda melakukannya secara teratur dan konsisten maka hasilnya akan tampak setelah beberapa hari. Sehingga ketombe di kulit kepala anda akan menghilang

Garam. 
Garam dapat membunuh bakteri di kulit kepala termasuk ketombe. Garam juga dapat mempercepat pengelupasan sel kulit mati. Caranya, ambil garam secukupnya, lalu gosok-gosokkan pada kulit kepala secara perlahan-lahan. Diamkan 10-15 menit agar meresap ke dalam kulit kepala. Lalu bersihkan dengan air bersih.

Minyak Kelapa.
Minyak kelapa mengandung vitamin E untuk menghilangkan ketombe. Caranya, oleskan secara merata pada kulit kepala dengan dipijat perlahan. Lalu balut kepala dengan handuk hangat. Diamkan 15-20 menit. Bilas dengan air sampai bersih.

Cuka.
Caranya, campurkan cuka dengan air bersih dengan perbandingan 1:1. Oleskan pada kulit kepala setelah keramas. Biarkan 10-15 menit sampai meresap ke dalam kulit kepala. Lalu bilas dengan air sampai bersih. Kandungan potassium pada cuka dapat mengurangi gatal-gatal dan ketombe pada kulit kepala.

baking soda.
Siapkan baking soda secukupnya, lalu gosok-gosokkan pada kulit kepala sambil dipijat lembut. Lalu bilas dengan air bersih tanpa shampoo

bahan-bahan tersebut di atas sangat mungkin menghilangkan ketombe karena mengandung zat yang bisa menghambat perkembangan jamur kulit yang menyebapkan ketombe. jadi selamat mencoba dan semoga berhasil

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © DAYAK BANJAR - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Machsada Edogawa -