- Home >
- Biografi Tokoh dan Ulama >
- SEKH MAHFUZH TREMAS
Syaikh Muhammad Mahfuz bin Abdullah bin Abdul Mannan bin Abdullah bin
Ahmad at-Tarmasi/Termas merupakan salah satu ulama Indonesia yang
banyak menghasilkan karya dalam berbagai disiplin ilmu. Syaikh Muhammad
Mahfuz Termas lahir di Termas, Pacitan, Jawa Tengah, pada 12 Jumadil Ula
1285 H/31 Agustus 1868 M, dan bermukim di Mekah sampai beliau wafat
pada 1 Rajab 1338 H/ 20 Mei 1920 M.
Untuk mengetahui sejarah pendidikannya, guru dan ilmu-ilmu yang
dipelajari oleh Syaikh Muhammad Mahfuz Termas tidaklah terlalu sulit,
karena sejarah hidup beliau dapat ditemukan dalam karya-karya beliau.
Dalam Kitab Muhibah zil Fadhli jilid ke-4 yang merupakan salah satu
karya beliau, dikatakan bahwa beliau pada masa mudanya banyak menimba
ilmu kepada ayahnya sendiri, Syaikh Abdullah bin Abdul Mannan
at-Tarmasi. Dari ayahnya beliau mempelajari Syarh al-Ghayah li Ibni
Qasim al-Ghuzza, al-Manhaj al-Qawim, Fat-h al-Mu’in, Fat-h al-Wahhab,
Syarh Syarqawi `ala al-Hikam dan sebagian Tafsir al-Jalalain hingga
sampai Surah Yunus.
Merasa haus akan ilmu dan setelah banyak belajar kepada ayahnya, Syeikh
Muhammad Mahfuz Termas kemudian memilih merantau ke Semarang untuk
belajar kepada Kiyai Muhammad Saleh Darat. Di bawah bimbingan Kyai Saleh
Darat ini, beliau mempelajari Syarh al-Hikam (dua kali khatam), Tafsir
al-Jalalain (dua kali hatam), Syarh al-Mardini dan Wasilah ath-Thullab
(falak)
Setelah beberapa tahun dalam bimbingan Kyai Saleh Darat. Syaikh Muhammad
Mahfuz Termas meneruskan pengembaraan ilmunya ke Mekah. Di negara
kelahiran Nabi Muhammad ini, beliau berguru kepada para ulama terkemuka,
diantaranya adalah Syaikh Ahmad al-Minsyawi, dari ulama’ ini, beliau
belajar Qiraah `Ashim dan tajwid, sebagian Syarh Ibni al-Qashih `ala
asy-Syathibiyah. Dalam waktu yang bersamaan, beliau juga belajar kepada
Syeikh `Umar bin Barakat asy-Syami, dengan mempelajari Syarh Syuzur
az-Zahab li Ibni Hisyam. Juga kepada Syaikh Mustafa al-’Afifi, dengan
mengkaji kitab Syarh Jam’il Jawami’ lil Mahalli dan Mughni al-Labib.
Sahih al-Bukhari kepada Sayid Husein bin Sayid Muhammad al-Habsyi. Sunan
Abi Daud, Sunan Tirmizi dan Sunan Nasai kepada Syeikh Muhammad Sa’id Ba
Bashail. Syarh `Uqud al- Juman, dan sebagian kitab asy-Syifa’ lil Qadhi
al-’Iyadh keada Sayid Ahmad az-Zawawi. Syarh Ibni al-Qashih, Syarh
ad-Durrah al-Mudhi-ah, Syarh Thaibah an-Nasyr fi al-Qiraat al-’Asyar,
ar-Raudh an-Nadhir lil Mutawalli, Syarh ar-Ra-iyah, Ithaf al-Basyar fi
al-Qiraat al-Arba’ah al-’Asyar, dan Tafsir al-Baidhawi bi Hasyiyatihi
kepada Syeikh Muhammad asy-Syarbaini ad-Dimyathi. Dalail al-Khairat,
al-Ahzab, al-Burdah, al-Awwaliyat al-’Ajluni dan Muwaththa’ Imam Malik
kepada Sayid Muhammad Amin bin Ahmad Ridhwan al-Madani serta
ulama’-ulama’ terkemuka lainnya, seperti Syeikh Ahmad al-Fathani dan
Syaikh Nawawi Banten, salah satu ulama Indonesia yang juga bermukim di
Mekah.. Sedangkan guru utama beliau yang paling banyak mengajarnya
pelbagai ilmu secara keseluruhannya ialah Sayid Abi Bakr bin Sayid
Muhammad asy-Syatha, pengarang kitab I’anatut Talibin, syarah Fathul
Mu’in.
Konon katanya, salah seorang Ulama Patani, Syaikh Ahmad Al-Fathani
memiliki hubungan yang erat dengan dengan Sayid Abi Bakr asy-Syatha,
bahkan diceritakan bahwa salah satu karangan Sayid Abi Bakr asy-Syatha
yang berjudul I’anatut Thalibin Syarh Fat-hil Mu’in sebelum dicetak
terlebih dahulu ditashih dan ditahqiq oleh Syeikh Ahmad al-Fathani atas
perintah Sayid Abi Bakr asy-Syatha sendiri dan Syeikh Muhammad bin
Sulaiman Hasbullah al-Makki. Dan diceritakan pula bahwa yang pertama
kali mengajar kitab I’anatut Thalibin di dalam Masjid al-Haram ialah
Syeikh Ahmad al-Fathani, semua murid Sayid Abi Bakr asy-Syatha pada
zaman itu termasuk Syeikh Muhammad Mahfuz Termas hadir dalam halaqah
atau majlis pengajian Syeikh Ahmad al-Fathani itu.
Dalam kaitannya dengan penimbaan ilmu, Syaikh Mahfud memiliki karya
khusus yang mencatat semua sanad dari setiap ilmu yang beliau pelajari,
beliau kumpulkan dalam karyanya yang berjudul Kifayatul Mustafid.
Dalam pengembaraannya di Mekah, beliau semasa dan seperguruan dengan
Syeikh Wan Daud bin Mustafa al-Fathani (1283 H/1866 M – 1355 H/1936 M),
Mufti Pulau Pinang Haji Abdullah Fahim serta ulama’ lainnya.
Syeikh Muhammad Mahfuz Termas termasuk salah seorang ulama nusantara
yang banyak menghasilkan karangan dalam bahasa Arab seperti halnya
ulama’-ulama nusantara lainnya yang bermukim di Mekah, seperti Syeikh
Nawawi al-Bantani, Syeikh Ahmad Khatib Minangkabau dan Syeikh Abdul
Hamid Kudus.
Diantara karangan-karang beliau adalah :
1. As-Siqayatul Mardhiyah fi Asamil Kutubil Fiqhiyah li Ashabinas
Syafi’iyah, Selesai penulisan pada hari Jum’at, Sya’ban 1313 H. Dicetak
oleh Mathba’ah at-Taraqqil Majidiyah al-’Utsmaniyah, Mekah (tanpa
tahun).
2. Muhibah zil Fadhli `ala Syarh al-’Allamah Ibnu Hajar Muqaddimah Ba
Fadhal), kitab ini terdiri dari empat jilid. Jilid pertama diselesaikan
pada 25 Safar 1315 H,. Jilid kedua diselesaikan pada hari Jum’at, 27
Rabiulakhir 1316 H. Jilid ketiga diselesaikan pada malam Ahad, 7 Rejab
1317 H. Jilid keempat, diselesaikan pada malam Rabu, 19 Jamadilakhir
1319 H. Dicetak oleh Mathba’ah al-’Amirah asy-Syarfiyah, Mesir, 1326 H.
3. Kifayatul Mustafid lima `ala minal Asanid, diselesaikan pada hari
Selasa, 19 Safar 1320 H. Kandungannya membicarakan pelbagai sanad
keilmuan Muhammad Mahfuz bin Abdullah at-Tarmasi/at- Tirmisi. Dicetak
oleh Mathba’ah al-Masyhad al-Husaini, No. 18 Syari’ al-Masyhad
al-Husaini, Mesir (tanpa tahun). Kitab ini ditashhih dan ditahqiq oleh
Syeikh Muhammad Yasin bin Isa al-Fadani al-Makki, al-Mudarris Daril
`Ulumid Diniyah, Mekah
4. Manhaj Zawin Nazhar fi Syarhi Manzhumati `Ilmil Atsar, diselesaikan
pada tahun 1329 H/1911 M. Kandungannya membicarakan Ilmu Mushthalah
Hadits merupakan Syarh Manzhumah `Ilmil Atsar karangan Imam Jalaluddin
as-Suyuthi. Kitab ini merupakan bukti bahwa ulama nusantara mampu
menulis ilmu hadis yang demikian tinggi nilainya. Kitab ini menjadi
rujukan para ulama di belahan dunia terutama ulama-ulama hadis. Dicetak
oleh Mathba’ah Mushthafa al-Baby al-Halaby wa Auladuhu, Mesir, 1352
H/1934 M. Cetakan dibiayai oleh Syeikh Salim bin Sa’ad bin Nabhan wa
Akhihi Ahmad, pemilik Al-Maktabah An-Nabhaniyah Al-Kubra, Surabaya, Jawa
Timur, Indonesia.
5. Al-Khal’atul Fikriyah fi Syarhil Minhatil Khairiyah, belum diketahui
tarikh penulisan. Kandungannya juga membicarakan hadits merupakan Syarh
Hadits Arba’in.
6. Al- Badrul Munir fi Qira-ati Ibni Katsir.
7.. Tanwirus Shadr fi Qira-ati Ibni `Amr
8. Insyirahul Fawaid fi Qira-ati Hamzah
9. Ta’mimul Manafi’ fi Qira-ati Nafi’.
10. Al-Fawaidut Tarmasiyah fi Asamil Qira-ati `Asyariyah, Syeikh Yasin
Padang menyebut bahawa kitab ini pernah diterbitkan oleh Mathba’ah
al-Majidiyah, Mekah, tahun 1330 H.
11. Is’aful Mathali’ Syarhul Badril Lami’Dalam sebuah riwayat dikatakan bahwa karangan Syaikh Mahfudz mencapai lebih 20 karangan
Syaikh Mahfudz Termas, dengan berbagai karya dalam berbagai disiplin
ilmu, beliau lebih terkenal sebagai pakar dalam bidang hadits, baik
Dirayah Hadits, Mushthalah Hadits maupun Rijal Hadits dan lain-lain.